Health Talk dan Closing Peringati Bulan K3 Nasional PIEP

Jakarta – PT Pertamina Internasional EP memperingati Bulan K3 Nasional 2023 dengan tema “Wujudkan HSSE Generative dan Pengelolaan Asset Integrity yang unggul guna mendukung keberlanjutan bisnis Pertamina” dengan salah satu agenda ialah Health Talk: Stay Fit and Healthy during Fasting dengan dr. Muhammad Ade Satia Putra, Sp.PD dan ditutup dengan Closing Bulan K3 yang diadakan di Cosmo PIEP pada Maret 2023 lalu.

Sesi pertama diisi dengan Health Talk yang membahas terkait cara agar tetap bugar dan sehat selama berpuasa. Selaku dokter spesialis penyakit dalam, dr. Muhammad Ade Satia Putra, Sp.PD menjelaskan bahwa dengan puasa memiliki berbagai manfaat. Namun ketika berpuasa tubuh kita akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi yang akan membuat kita merasa lesu dan sakit kepala. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas merupakan hal yang salah penting. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti berolahraga minimal 10 menit sebelum berbuka puasa atau 2 jam setelah berbuka puasa, melakukan olahraga ringan seperti jogging, treadmill, yoga dengan berbagai variasi latihan pernafasan dan latihan peregangan, menghindari olahraga sebelum tidur, dan memulai kebiasaan olahraga secara perlahan apabila belum terbiasa.

Selain itu, beliau menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan apabila kita mengalami berbagai kondisi seperti sembelit (solusi: menghindari makanan olahan, memperbanyak minum dan makanan berserat), perut kembung (solusi: tidak makan secara berlebihan, perbanyak minum jus buah, menghindari makanan gorengan dan mengandung santan, makan dan minum perlahan), lesu dan tekanan darah rendah (solusi: makan banyak buah dan sayur, hindari karbohidrat olahan), sakit kepala (solusi: kurangi merokok dan kopi), kram otot (solusi: makan banyak buah dan sayur serta telur), penderita sakit maag (solusi: perbaiki pola makan), gangguan kolesterol (solusi: hindari makanan berlemak, perbanyak buah dan sayur).

Setelah Health Talk berlangsung, peringatan Bulan K3 Nasional di lingkungan PT Pertamina Internasional EP resmi ditutup. Dari berbagai rangkaian agenda yang sudah dilaksanakan, kita semua berharap agar seluruh perwira dan pertiwi PIEP selalu menekankan nilai kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan segala pekerjaannya.

Other News