Lapangan MLN, Algeria: PAEP Berhasil Melakukan Turnaround Maintenance

Aljazair – Lapangan MLN berhasil menyelesaikan turnaround maintenance pada kuartal kedua tahun 2023 seperti yang sebelumnya telah disetujui oleh regulator Aljazair.

PT Pertamina Internasional EP (PIEP), melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Algeria EP (PAEP) memastikan turnaround maintenance tersebut merupakan komitmen perusahaan terkait peninjauan fasilitas lapangan operasi secara menyeluruhdengan tujuan revitalisasi untuk penggunaan berkelanjutan yang optimal.

Implementasidilakukan berdasarkan pada persyaratan yang diatur dalam undang-undang terkait, proses modifikasi, perbaikan & pemeliharaan preventif, serta well service campaign yang menangani produksi di lapangan. Turnaround berhasil diselesaikan sesuai jadwal yang ditentukan (21 hari) dengan zero accident dan melibatkan lebih dari 900 personel dari berbagai negara.

“Keberhasilan proses turnaround maintenance ini merupakan hal yang patut kita berikan apresiasi. Dengan keberhasilan ini, kita harapkan MLN dapat terus beroperasi optimal dan menjadi gambaran PIEP dengan reputasi kompetensi yang ekselen.” Ucap Jaffee A. Suardian Direktur Utama PIEP.

"Proses Turnaround Maintenance ini bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan yang dihadapi seperti Waktu yang singkat dan dilaksanakan di bawah suhu gurun ekstrem mencapai ± 45°C.  Apresiasi untuk kinerja yang optimal,” ujar  Achmad Jamaludin Perdana, Country Manager Zona 15 PAEP pada kesempatan tersebut.

Proses tersebut merupakan turnaround maintenance ke-4 yang dilaksanakan sejak Pertamina mulai mengoperasikan lapangan tersebut pada tahun 2013. PAEP berkeyakinan bahwa hal tersebut akan memperkuat jejak Pertamina di Afrika Utara, sebab proyek tersebut melibatkan banyak perusahaan dan personel dari Aljazair yang memainkan peran penting dalam pelatihan tersebut. Pemasok dan penyedia layanan di Aljazair terlibat secara proaktif sebagai bagian dari strategi PAEP mendayagunakan para mitra lokal.

Sejak dioperasikan oleh PERTAMINA, MLN telah memproduksi lebih dari 62 juta barel minyak dari Berkin Basin. Lapangan tersebut memiliki kapasitas untuk memproduksi lebih dari 17.000 barel minyak per hari dan 300 juta kaki kubik gas per hari.

Other News