Mahasiswa UTA Kunjungi PIEP: Perkaya Wawasan Bisnis Migas Internasional

Jakarta – Sekitar 50 mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 (UTA) Jakarta berkunjung ke kantor PT Pertamina Internasional EP (PIEP), pada Kamis 31 Agustus 2023.

Didampingi dosen pembimbing, para mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi, Bisnis, dan Ilmu Sosial UTA Jakarta antusias menggali informasi mengenai operasi produksi wilayah kerja yang dikelola oleh PIEP.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai industri minyak dan gas secara umum dan pengelolaan operasi bisnis internasional khususnya, serta praktik-praktik komunikasi yang berlaku dalam lingkungan korporat. Dalam kunjungan ini, para mahasiswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para profesional di PIEP.

Dalam sambutannya, Jaffee A. Suardin, Direktur Utama PIEP menyampaikan, "Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari Program Studi Ilmu Komunikasi UTA Jakarta untuk mengenal lebih dekat dunia industri minyak dan gas. Kami percaya dengan diskusi yang hangat tadi akan  memperkaya pengetahuan para mahasiswa tentang praktik komunikasi strategis dalam konteks korporat."

Selama kunjungan, para mahasiswa diajak untuk mengikuti paparan mengenai kegiatan yang meliputi presentasi mengenai peran PIEP dalam industri minyak dan gas, serta diskusi terbuka mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi perusahaan dalam berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Samsul Ode, DekanFakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial (FEBIS) mengatakan kunjungan ini adalah agenda rutin yang diselenggarakan oleh pihak kampus. "Kami berharap, mahasiswa mendapatkan insight dari industri migas, internasional khususnya"

Kunjungan ini tidak hanya memberikan pengetahuan praktis, tetapi juga memperluas pandangan mahasiswa mengenai industri energi nasional dan tantangan yang harus dihadapi dalam mengembangkan komunikasi yang efektif dalam lingkungan bisnis yang kompetitif.

PIEP berharap, ke depannya, Company Visit  menjadi langkah awal membangun kolaborasi antara industri dan perguruan tinggi. Selain itu melalui kunjungan ini, manajemen PIEP berharap agar mahasiswa dapat memahami peran vital komunikasi dalam menjaga hubungan baik dengan berbagai pemangku kepentingan, dan menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk mengejar karir yang relevan dalam industri energi.

Other News