Pertamina Internasional EP Melampaui Target Proyek Terobosan Penghematan Biaya

Pada 21 Februari 2017, Pertamina Internasional EP (PIEP) mendapatkan penghargaan dalam hal kontribusinya atas Proyek Terobosan (BTP) Efisiensi Biaya Hulu di tahun 2016. Efisiensi Biaya Hulu BTP digagas oleh perusahaan yang bekerjasama dengan direktorat hulu dalam rangka mengoperasikan efisiensi biaya dan mengutamakan keuntungan anak perusahaan hulu.

PIEP menganalisis dan memonitor setiap perencanaan dan implementasi program efisiensi di tiap aset PIEP setiap bulannya, termasuk aset Aljazair, Malaysia, Irak, serta pengeluaran kantor pusat. Tugas utama tim BTP adalah menganalisis, menyimpulkan, dan membenarkan setiap pengeluaran dari seluruh aset, serta mencari solusi untuk mengurangi biaya operasional di tiap elemen PIEP.

Setelah berjalan kurang lebih satu tahun, PIEP melampaui target yang direncanakan oleh Direktorat Hulu, yang mana mereka menargetkan 106 juta US Dolar dan perusahaan tersebut telah mencapai 150 persen lebih tinggi, yaitu di angka 160 juta dolar efisiensi biaya (berdasarkan laporan akhir BTP tahun 2016). Dengan hasil yang luar biasa, PIEP berkontribusi dalam menyukseskan efisiensi hulu BTP yang sekaligus mendapatkan penghargaan di Pertamina Award sebagai Runner Up (Peringkat ke-2) TP Terbaik. Selain itu, PIEP menjadi salah satu topik (Program Peningkatan Berkelanjutan) direktorat hulu di Yogyakarta pada 13-18 Desember 2016, yang mana PIEP terpilih untuk mengirimkan perwakilan (sebagai perwakilan anak perusahaan hulu Pertamina) dan memenangkan kategori emas serta diumumkan sebagai peringkat pertama pada kategori The Best Value Creation.

Dengan kesuksesan efisiensi biaya BTP, PIEP sukses meningkatkan EBITDA mereka yang mencerminkan profitabilitas perusahaan sekaligus meningkatkan Keuntungan Bersih perusahaan. Tentu saja, efisiensi ini bukan hanya mengenai pengurangan anggaran dan fasilitas, namun juga perubahan pola pikir dan paradigma seluruh pemegang saham,serta manajemen dan seluruh karyawan PIEP, untuk menjalankan bisnis lebih baik dan berkelanjutan. Kami semua berharap di tahun-tahun ke depan, PIEP dapat menjadi pionir melalui anak perusahaan Hulu Pertamina untuk menjalankan skema bisnis modern dengan mengoptimalisasi biaya operasional seminimal mungkin namun dengan hasil yang maksimal.

Other News

;