Pertamina Menyelesaikan Batch Pertama Program Upskilling SDM untuk Tanzania Petroleum Development Corporation (TPDC)

Jakarta - PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) menutup program upskilling bagi 5 (lima) pekerja Tanzania Petroleum Development Corporation (TPDC) yang dilaksanakan sejak Januari lalu, bersamaan dengan kunjungan kenegaraan Presiden Tanzania, Samia Suluhu Hasan ke Indonesia.

Pengembangan Sumber Daya Masnusia (SDM)  ini dilakukan untuk mendukung bisnis berkelanjutan antar kedua negara, yang merupakan bagian dari Nota Kesepahaman (Memo of Understanding/MOU) kedua perusahaan tersebut.

Direktur Utama PIEP, Jaffee A. Suardin mengatakan, "Pertamina melalui tiga entitas di lingkungan Subholding Upstream yaitu, PIEP bersama Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI), melaksanakan program  Capacity Building selama hampir tiga bulan bagi pekerja TPDC.

Kami berharap program ini dapat meningkatkan kapasitas SDM utamanya meningkatkan pengetahuan. Tak hanya itu, mereka memiliki skill-sets baru, khususnya di bidang eksplorasi dan hidrokarbon, sehingga para pekerja ini dapat mendukung TPDC  berkembang menjadi perusahaan energi kelas dunia.  Selain itu, Pertamina dan TPDC bisa mendukung kerja sama bisnis yang berkelanjutan di masa depan," ujar Jaffee, saat menutup agenda ini, Senin (1/4). 

Jaffee  juga menyampaikan apresiasi atas kolaborasi serta dukungan dari PDSI dan PHR yang mengawal program upskilling ini sejak awal.

Sementara itu, Human Capital Subholding Upstream Pertamina yang diwakili oleh Rivani Pahlani, Sr. Manager HC Strategic, menyampaikan, program upskilling ini dirancang sedemikian rupa, sehingga perwakilan TPDC mendapatkan materi secara teoritikal (classroom) dan praktek.

Untuk meningkatkan proses implementasi, peserta telah mendapatkan pengalaman langsung melalui program on-the-job training di Pertamina melalui beberapa unit usaha di Wilayah Kerja PHR di Sumatra dan di Indonesia Drilling Training Center PDSI di Cirebon.

"Selain pemahaman tentang industri migas, para peserta juga dikenalkan dengan budaya Indonesia. Kami mengapresiasi kolaborasi PIEP, PDSI dan PHR sebagai bagian dari Subholding Upstream" tuturnya.

Mengenai hal ini, Senior Engineer  TPDC , Gaston Canuty mengapresiasi kerja sama antara Pertamina dan TPDC dalam hal pengembangan SDM.

"Saya dan rekan-rekan lain, sangat mengapresiasi  kegiatan ini. Pertamina dengan organisasi yang begitu besar, menjadi inspirasi bagi TPDC. Capacity Building adalah awal yang baik untuk merealisasikan MoU antara Pertamina dan TPDC," ujar Gaston.

Sebagai informasi,  program ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati ke Tanzania pada Agustus 2023. Kala itu, Dirut Pertamina mendampingi Presiden Joko Widodo ke beberapa negara Afrika, termasuk Tanzania dan membawa beberapa inisiasi kerja sama di bidang hulu, midstream, hilir dan panas bumi (geothermal).

Agenda Capacity Building dilaksanakan dengan semangat persahabatan merupakan fundamental kerja sama bilateral dua negara. Diharapkan  kerja sama ini akan memberikan nilai tambah positif untuk Tanzania dan Indonesia, dan Pertamina serta TPDC khususnya.*

Other News