PIEP Juara 1 Lomba Basic Life Support Bulan K3 2023 Subholding Upstream

Jakarta – Sebagai anak perusahaan Pertamina Group yang beroperasi di luar negeri, PT Pertamina Internasional EP (PIEP) selalu menempatkan keselamatan, kesehatan, perlindungan lingkungan dan keamanan sebagai nilai dasar (core value) dalam mengelola bisnis di luar negeri. Salah satu programnya adalah semua perwira PIEP wajib memiliki kemampuan untuk memberikan Bantuan Hidup Dasar (BHD) atau sering dikenal dengan Basic Life Support (BLS). Kompetensi ini terus diasah melalui pelatihan-pelatihan formal maupun induksi non-formal yang diselenggarakan di PIEP. Latihan-latihan ini ternyata tidak sia-sia. Hal ini dibuktikan saat dikirimnya dua orang delegasi PIEP untuk mengikuti lomba Basic Life Support (BLS) dalam rangka Bulan K3 2023 Subholding Upstream (SHU) di PHE Tower.

Lomba BLS ini terdiri dari dua tahapan: babak Penyisihan berupa teori-teori tentang BHD dan Perwira PIEP masuk ke babak Final yang diadakan pada bulan Maret 2023, di babak Final ini terdiri dari dua kali exercise kasus yang berhubungan gangguan jantung dan beberapa kriteria penilaian seperti respon cepat, melakukan CPR, menggunakan AED dan Perwira PIEP berhasil menjadi juara 1 di ajang kompetisi tersebut.

Lomba Basic Life Support dilaksanakan dalam rangka memenuhi kepatuhan perusahaan berdasarkan Permenaker No:PER.15/MEN/VIII/2008 Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan meningkatkan awareness kepada pekerja agar dapat mencegah memburuknya situasi gawat darurat dan menstabilkan kondisi korban hingga bantuan medis tiba.

Melalui kegiatan ini, diharapkan agar Perwira - Pertiwi PIEP dapat semakin handal dan siap dalam mengantisipasi maupun menangani keadaan darurat medis di lingkungan kerja.

Other News