PIEP Melaksanakan ESG Talk : Unconscious bias

Jakarta – Masih dalam rangkaian memeriahkan Bulan K3 Nasional 2023 dengan tema “Wujudkan HSSE Generative dan Pengelolaan Asset Integrity yang unggul guna mendukung keberlanjutan bisnis Pertamina”, Pertamina Internasional EP melaksanakan ESG Talk terkait Unconscious Bias yang dilaksanakan pada Rabu (08/03) lalu.

Sr. Officer HCBP Regional 5 (pembicara), Indra Nursatria Adhitama menjelaskan,”bahwa Unconscious bias merupakan hal yang sangat wajar karena terbentuk secara alami dari informasi yang kita tangkap dalam kehidupan sehari-hari sehingga tersimpan di otak kita”.

“Kita dilahirkan dengan kecenderungan untuk memilih jenis orang yang sama di sekeliling kita dan belajar dari mereka. Kemudian, melalui pengembangan, sikap kita dibentuk oleh nilai-nilai budaya melalui mendengarkan, bincang-bincang sehari-hari, atau membaca cerita. Otak bawah sadar kita terus-menerus memproses dan menyaring sejumlah besar informasi untuk mencari pola”, ucap Indra.

Menurut Indra, Unconscious bias adalah prasangka atau penilaian mengenai seseorang atau kelompok yang muncul tanpa kita sadari yang sebenarnya bisa diatasi. Beberapa cara yang dapat dilakukan ialah seperti melakukan validasi dan verifikasi pada saat diskusi atau percakapan yakni dengan tidak langsung menerima jawaban dari orang lain terutama dalam hal yang berkaitan dengan menanyakan kinerja seseorang (tanyakan lebih lanjut mengenai indikatornya, mengapa kesalahan tersebut bisa terjadi, dll.), mengajukan pertanyaan atau pendapat anda kepada orang yang tepat (contoh: saat berbicara tentang kesehatan, carilah orang yang berpengalaman di bidang kesehatan). Dengan cara ini kita bisa mengubah dan melihat Unconscious bias menjadi suatu hal positif yang dapat mengingatkan kita untuk lebih aware lagi dalam melakukan penilaian terhadap sesuatu ataupun seseorang.

Other News