STAKEHOLDERS ENGAGEMENT MEETING: JOA DISCUSSION NEW PSC BLOCK 405A, ALGERIA

Bali – PT Pertamina Internasional EP (PIEP) sebagai salah satu anak perusahaan Subholding Upstream (SHU) Pertamina menyelenggarakan, Joint Operations Agreement Discussion (JOA Discussion) Discussion terkait PSC Block 405A Algeria yang baru, dilaksanakan pada tanggal 24-31 Juli 2023 di Nusa Dua, Bali.

Pertemuan dihadiri perwakilan dari Sonatrach Petroleum Corporation (Sonatrach), The National Agency for the Valorization of Hydrocarbon Resources Algeria (ALNAFT), PIEP, PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Upstream Business Development (UBD) Pertamina dan PT Pertamina Gas.

Agenda perwakilan delegasi Sonatrach dan ALNAFT diawali dengan menghadiri The 47th Indonesian Petroleum Association Conference and Exhibition 2023 (IPA Convex 2023) di ICE BSD City, Tangerang serta mengunjungi pameran booth PHE untuk mengetahui lebih dalam ruang lingkup bisnis Upstream Pertamina di Indonesia (25-27/07), sebelum melanjutkan perjalanan menuju Bali.​

JOA Discussion merupakan rapat antara PIEP bersama Sonatrach sebagai tindak lanjut kesepakatan kontrak baru yang diperoleh PIEP, melalui anak perusahaannya PT Pertamina Algeria EP (PAEP) di Menzel Lejmat Nord (MLN), Blok 405A selama 25 tahun, dengan potensi tambahan 10 tahun perpanjangan kontrak.

Sementara itu, ALNAFT bersama dengan UBD Pertamina melaksanakan Strategic Discussion terkait dengan bentuk dukungan pemerintahan Algeria terhadap eksistensi PIEP di lapangan operasi MLN. 

Dalam sambutannya Mr. Faycal Belaid, Director of Operations & Exploration Sonatrach menyampaikan dalam sambutannya, "Kami  sangat mengapresiasi pertemuan yang bertujuan meningkatkan engagement, sinergi, kolaborasi antara Pertamina dan Sonatrach sehingga kerjasama yang akan berjalan beberapa tahun ke depan akan meningkatkan kinerja yang terbaik."

"Kami juga menyampaikan kepada PIEP yang memberikan kesempatan untuk mengenal budaya Indonesia yang beragam, sehingga memberikan pandangan dan pengalaman baru bagi semua anggota delegasi dari Algeria," ungkap Mrs. Hana Ikene, Director of Hydrocarbons Operations ALNAFT. 

Pada kesempatan yang sama,  Jaffee A. Suardin Direktur Utama PIEP menyampaikan, "JOA Discussion telah terselenggara dengan baik dengan menghasilkan poin-poin kesepakatan yang telah terbentuk dan tertuang dalam Minutes of Meeting yang akan menjadi landasan penyusunan JOA yang selanjutnya akan dikoordinasikan dengan para mitra dalam blok ini, yaitu Repsol, ENI dan CEPSA.  Hal ini menunjukkan kehandalan Pertamina dalam perencanaan/project management dengan didukung oleh hospitality yang baik. Keunggulan tersebut merupakan modal bagi kami dalam memberikan impresi positif kepada para mitra, serta menunjukkan keseriusan dan komitmen PIEP dalam pengelolaan Lapangan Operasi MLN." 

Delegasi Sonatrach: Mr. Faycal Belaid Director of Operations & Exploration; Mrs. Oumessad Djermane Director of Share Production; Mr. Djamel Dahou Director of Economic studies and Model; Mr. Amine Allali Lawyer Director.

Delegasi ALNAFT: Mrs. Hana Ikene Director of Hydrocarbons Operations; Mr. Lounes Adour Director of Hydrocarbons Mining Field; Mr. El Hacene Louzazna Director of Natural Gas; Miss Souhilla Moufek Legal Affairs Officer.​

Pertamina Group: Dharmawan H. Syamsu Komisaris Utama PIEP; Jaffee A. Suardin Direktur Utama PIEP; Danar Dojoadhi Direktur Perencanaan Strategis & Pengembangan Bisnis Subholding Upstream; Agung Indri Pramantyo Direktur Strategi & Pengembangan Bisnis Pertagas serta jajaran Manajemen PAEP.

Other News