PELAKSANAAN RUPS TAHUN BUKU 2020 PIEP MENCATAT BERBAGAI CAPAIAN POSITIF

PIEP telah sukses menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2020 secara daring. Rapat tersebut di hadiri oleh para Pemegang Saham yaitu PT Pertamina (Persero) sebagai pemegang saham mayoritas yang diwakili oleh Bapak John H. Simamora dan Ibu Khurinnihayah dari PT Pertamina Pedeve Indonesia. Hadir juga Dewan Komisaris PIEP Bapak Harya Adityawarman dan Bapak Chandra W Sukotjo serta Direktur Utama PIEP Bapak John Anis.

Terdapat 6 agenda yang disampaikan pada RUPS TB 2020 ini diantaranya adalah penyampaian Laporan Tahunan Tahun Buku 2020 yang dipresentasikan langsung oleh Bapak John Anis selaku Direktur Utama. Pada Kesempatan tersebut Bapak John Anis menjelaskan catatan yang baik atas keberhasilan PIEP selama Tahun Buku 2020 diantaranya adalah Zero Fatality pada Kinerja HSSE PIEP sebagai Operational Excellence yang terbaik dari Seluruh Perusahaan Hulu Pertamina Grup, pencapaian ini pun lebih baik dari tahun 2019 dengan tidak adanya injury sama sekali dan hal ini sebagai hasil kerja keras mempertahankan dan melanjutkan pencapaian kinerja HSSE tanpa LTI (Lost Time Incident) sejak lapangan dioperasikan oleh Pertamina pertama kali (no LTI sejak 2012) dengan jam kerja aman secara kumulatif adalah 26.406.930 jam. Hal ini menjadi kebanggaan dan keberhasilan bagi PIEP yang mana seluruh wilayah operasionalnya berada di luar negeri (Algeria, Irak , Malaysia, others) dan ini sebagai wujud PIEP dalam menggapai visinya menjadi Perusahaan Energi Internasional Kelas Dunia dengan membawa nama baik Indonesia khususnya Pertamina.

Pencapaian sukses lainnya adalah Pada tahun 2020 PIEP berhasil mencatatkan tambahan Cadangan P1 sebesar 24,7 MMBOE yaitu 450% dari target RKAP Revisi 2020 dan lebih besar 349% dari tambahan P1 tahun 2019. Temuan ini berhasil melampaui target RKAP dengan kontribusi dari Aset Algeria, Malaysia dan Others. Penambahan cadangan P1 PIEP tahun 2020 ini berhasil meningkatkan rasio R/P (Reserve to Production) PIEP dari target 12,1 tahun menjadi 13,8 tahun) yaitu 114%. Keberhasilan lainnya yang berhasil di capai PIEP adalah terdapat Penemuan Sumberdaya (2C) yang mana sebelumnya tidak direncanakan adanya temuan sumberdaya 2C pada RKAP Revisi 2020. Temuan sumberdaya 2C ini lebih besar dari capaian pada periode tahun 2019 dengan perbandingan sebesar 553,9%. Harapannya ditahun mendatang tambahan cadangan dan temuan sumber daya semakin meningkat dengan adanya teknologi Passive Seismic yang sudah di implementasikan PIEP di wilayah kerjanya serta mendukung penambahan revenue dan laba Perusahaan dimasa mendatang.

Pencapaian selanjutnya yaitu Bring Barrels Home dalam rangka mewujudkan ketahanan energi nasional, PIEP telah berkontribusi sebanyak 13x pengapalan minyak mentah dari 3 wilayah aset PIEP ke Kilang Pertamina dengan volume yang mencapai 6.7 juta barel dan memberikan nilai penjualan sebesar 269 Juta USD, sekitar 74% dari total penjualan pada tahun 2020.

Selain beberapa keberhasilan tersebut, PIEP mencatat tidak adanya permasalahan hukum dan/atau permasalahan lain yang berdampak penting terhadap keberlangsungan usaha PIEP. Hal ini membuktikan bahwa PIEP selalu patuh dan taat terhadap segala regulasi di setiap negara pada wilayah kerjanya dan sebagai wujud nyata Good Corporate Governance yang selalu di terapkan disetiap lini bisnisnya.

Di sela paparannya, Bapak John Anis menyampaikan bahwa selama wabah Pandemic Covid-19 ini PIEP selalu berupaya seoptimal dan seefisien mungkin dalam mengoperasionalkan bisnisnya. Beliau berterima kasih atas segala usaha dan upaya seluruh perwira PIEP yang telah berdedikasi tinggi berkerja keras demi kemajuan Perusahaan. Harapan kedepanya PIEP dengan semangat dedikasi dan integritas semakin bertumbuh, berkembang serta dapat melebarkan sayapnya dalam inovasi teknologi demi mewujudkan visi misi Perusahaan dengan lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, Manager Corporate Secretary/Relations Bapak Khairul Saleh menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemegang saham, Dewan Komisaris dan Direktur Utama PIEP bahwa seluruh rangkaian pelaksanaan RUPST ini dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan.

Other News