Pertamina Internasional EP Sukses Melangsungkan Tahap Drilling Sumur Pertama di Sahara

Salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang beroperasi di wilayah internasional, Pertamina Internasional EP (PIEP), telah sukses melakukan kegiatan pengeboran pertama di lapangan Menzel Lejmet North (MLN), Aljazair, yang terletak di kawasan Gurun Sahara. Proses tersebut merupakan tonggak bersejarah besar, terutama bagi Pertamina, sebagai world class company yang untuk pertama kalinya melangsungkan aktivitas pengeboran di luar negeri.

Tercatat sebagai operator di lapangan Menzel Lejmet North (MLN), PIEP telah menantikan pengeboran sumur ini selama dua tahun dikarenakan harus melalui berbagai prosedur persiapan secara rinci. Selain itu, proses pemindahan material pengeboran, termasuk alat rig, dari lapangan Hassi Messaoud ke lapangan MLN memakan waktu sekitar 30 hari. Tepat pada 16 Juni 2018, PIEP telah memulai tajak sumur dengan menurunkan mata bor sekitar pukul 4 sore waktu Aljazair.

Selama 57 hari kerja yang ditargetkan, tim lapangan selalu berhati-hati dan waspada akan bahaya. Oleh karena itu, aspek Health, Safety, Security and Environment (HSSE) serta menjalankan prosedur operasi standar dari korporat telah menjadi prioritas utama perusahaan demi menyukseskan proses pengeboran yang direncanakan sebanyak 20 sumur di lapangan MLN.

Other News