Aksi ‘Green Day’ PAEP di MLN, Algeria Ciptakan Lingkungan yang Lebih Baik di Tengah Gurun Sahara

Algeria – Pertamina Internasional EP (PIEP) melalui anak perusahaannya, Pertamina Algeria EP (PAEP) mendukung Road Map SDG’s dengan tujuan untuk Pengembangan Berkelanjutan di Tahun 2030.

Direktur Utama PIEP, John Anis menyatakan apresiasinya untuk aktivitas ‘Green Day’, “Meskipun berada di wilayah operasi yang bersifat remote area, Perwira PIEP tetap semangat untuk meningkatkan environment yang lebih baik”.

‘Green Day’ merupakan sebuah aktivitas yang rutin diselenggarakan oleh PAEP dan selaras dengan SDG Poin 15 mengenai ‘Life on Land’. SDG Poin 15 ini memiliki tujuan untuk melindungi, merestorasi dan eningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan, mengelola hutan secara lestari, menghentikan penggurunan, memulihkan degradasi lahan, serta menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam ‘Green Day’ memiliki beberapa aktivitas menarik diantaranya: penanaman pohon, pembuatan sumur air untuk pengembala unta yang nomaden di Gurun Sahara, menjaga biodiversity dari Fennec Fox (rubah bertelinga besar yang masuk dalam kategori hewan yang dilindungi), hingga pengendalian biological hazard dengan cara memelihara unggas sebagai predator alami dari kalajengking.

PAEP memiliki penerapan good housekeeping yang sangat baik, melalui ‘Green Day’ Perwira PAEP rutin melakukan kegiatan pemungutan sampah di sekitar area wilayah operasi di MLN setiap hari Minggu pertama di Bulan yang sedang berjalan. Setelah sampah dikumpulkan, proses pemilahan dilakukan sebelum masuk ke tempat sampah sesuai kategorinya. Secara umum, pengelolaan sampah organik akan didaur ulang apabila memungkinkan di fasilitas daur ulang, sedangkan sisanya akan diproses menggunakan incinerator.

Khairul Saleh, Manager Relations PIEP mengatakan mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, ‘Green Day’ tetap dilaksanakan dengan menetapkan protokol kesehatan yang berlaku.

 

Other News