Antisipasi Kedaruratan Sumur Migas, PIEP Gelar BOCP Workshop

Jakarta - PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) melaksanakan Workshop Blowout Contingency Plan (BOCP), Program Management yang merupakan serangkaian peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional pada Jumat (17/2) secara hybrid.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kelengkapan dokumen dan kesiapsiagaan dalam merespon kejadian ledakan atau pelepasan minyak mentah atau gas alam yang tidak terkontrol (blow out) dari sumur minyak atau sumur gas dikarenakan gagalnya sistem kontrol tekanan.

Dijelaskan bahwa ledakan rig minyak dapat terjadi ketika rig menerapkan terlalu banyak tekanan selama pengeboran, sehingga menyebabkan genangan minyak bawah tanah meletus.

Sebelumnya, sebanyak 25 perwira PIEP diberikan skenario dan simulasi mengenai Blowout Contingency Plan (BOCP) yang mencakup intervention methods, mitigation options and kill requirements. Lalu, dibekali dengan “The 5 Steps Of Contingency Planning” yaitu Program Management, Planning, Implementation, Testing & Exercise, serta Program Improvement.

Diharapkan dengan Contingency Plan ini dapat mempersiapkan dan menanggapi keadaan darurat efektif dan efisien serta bagaimana potensi dampak kemanusiaannya terutama di wilayah kerja Regional 5.

Other News