SAFETY CONCISE 1st EDITION: “Human Factors in Hand & Finger Injuries”

Fungsi HSSE telah melaksanakan Safety Competencies for Operational Excellence (Safety Concise) Kamis (22/09).

Safety Concise adalah salah satu program HSSE yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan kompetensi keselamatan di antara personel PIEP (Kantor Pusat dan anak perusahaan, permanen & kontraktor) sebagai prasyarat untuk mencapai kinerja dan operasi yang unggul.

Edisi pertama Safety Concise membahas mengenai “Human Factors in Hand & Finger Injuries” yang disampaikan oleh dua narasumber yaitu Diah Kusumawati, Senior Analyst Occupational Safety PIEP dan Khemissi Benaroua, MLN Head of HSE.

Diawali pembukaan oleh Manager HSSE PIEP, Achmad Dahlan, beliau menyatakan, “melalui Safety Concise diharapkan adanya peningkatan kesadaran dan kompetensi semua personel PIEP terkait keselamatan, sehingga dapat memberikan kinerja yang baik dan terwujudnya operasional yang unggul. Sesuai dengan namanya “Safety Concise”, acara ini dilaksanakan secara singkat dan padat, namun apa yang disampaikan diharapkan mampu memberikan dampak yang besar bagi seluruh personel dan tentunya bagi PIEP.”

Diah Kusumawati sebagai narasumber pertama menyampaikan, “hampir 50% insiden yang sering terjadi di industri minyak dan gas adalah cedera tangan dan jari, dimana 80% penyebabnya adalah faktor manusia (human factor) yang terdiri dari faktor organisasi dan personal. Kita harus memahami bagaimana kinerja manusia akan gagal sehingga kita dapat melakukan mitigasi, melalui desain, kecenderungan dan jebakan errors sebelum menjadi insiden atau meminimalkan dampak kesalahan tersebut.”

Sementara saat sharing session oleh Khemissi Benaroua, beliau menyampaikan bagaimana pencegahan cedera tangan dan jari serta implementasinya di MLN, Algeria. Beliau menyampaikan, “best practice di MLN untuk mencegah cedera tangan dan jari telah dilakukan sesuai dengan hirarki pengendalian yaitu mulai dari eliminasi, subtitusi, engineering controls, administrative controls, dan penggunaan APD.”

“Your Hands are Amazing, Take Care of Them. The human hands are an incredible piece of machinery that does almost everything. So, make sure that you keep it safe.“

Other News