Opening Ceremony Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2022 Pertamina Internasional EP

Jakarta, Indonesia – Bergerak dalam kegiatan bisnis operasi hulu minyak dan gas, Pertamina Internasional EP (PIEP) turut menyemarakkan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2022 dengan tema “Mewujudkan Budaya HSSE yang Unggul Untuk Mendukung Implementasi Aspek Environmental, Social dan Governance PERTAMINA di Era Digital “, mengacu pada tema peringatan bulan K3 Subholding Upstream dan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan No. 202 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional 2022”.

Sekilas Flashback capaian kinerja Health, Safety, Security, and Environment-nya (HSSE) PIEP pada tahun 2021 telah mencacat beberapa prestasi yang luar biasa diantaranya: Zero LTI (Lost Time Injury) sejak tahun 2012 (Last LTI April 6th, 2012) dan juga ‘emission reduction’ sebesar 0.33% melebihi target SHU/KPI 2021 sebesar 0.25%. Nofal Alwi, Pjs. Manager HSSE PIEP menuturkan,” Kesehatan dan keselamatan kerja operasional dan para perwira serta mitra kerja PIEP sangat vital dalam mewujudkan produktivitas kerja yang optimal”.

Masih dalam masa pandemi Covid-19, peringatan Bulan K3 di PIEP (4/2) berlangsung secara virtual dan dihadiri oleh para perwira PIEP dari berbagai lokasi wilayah kerja baik yang berasal dari Patra Jasa Office Tower dan juga beberapa lokasi wilayah operasional di luar negeri. Peringatan Bulan K3 Tahun 2022 Pertamina Internasional EP dilakukan dengan serangkaian kegiatan antara lain; Health Talk dan beberapa lomba yang berkaitan dengan K3 sebagai bentuk peningkatan Awareness dalam rangka terciptanya budaya HSSE dilingkungan Pertamina Internasional EP.

Rangkaian kegiatan peringatan Bulan K3 PIEP diawali dengan Health Talk oleh dengan mengundang Expertis dibidang Occupational Health, dr. Arif Prasetya, MKK sebagai Nara Sumber yang memberikan pemahaman langsung mengenai pentingnya kesehatan pekerja yang berada di wilayah ‘remote area’. Selain itu disampaikankan juga program dan kegiatan HSSE pada tahun 2022 baik program yang bersifat strategis, promotif maupun implementatif sebagai bentuk komitmen PIEP dalam terbentuk dan terpeliharanya budaya HSSE.

Direktur Utama PIEP, John Anis dalam sambutannya kembali mengingatkan bahwa HSSE merupakan suatu hal yang harus menjadi budaya serta diimplementasikan dengan sungguh-sungguh,“Memiliki bisnis di upstream, HSSE merupakan hal yang tidak bisa dianggap enteng, sehingga perlu diciptakan sebuah sistem dalam HSSE dan saya harap dapat diterapkan dengan baik oleh seluruh perwira serta mitra kerja yang ada”.

Manager Relations PIEP, Khairul Saleh dalam kesempatan terpisah mengutarakan harapannya agar penerapan dan pencapaian HSSE dapat terus dijaga serta ditingkatkan kembali sebagai salah satu bentuk upaya untuk mendukung visi Pertamina menjadi perusahaan energi Nasional kelas dunia.

 

Other News