Pelaksanaan ‘Safety Stand Down (SSD) - Illness Fatality’ di PIEP

Jakarta, Kesehatan para pekerja tentunya tidak terlepas dari kedisiplinan pola hidup sehat. Safety Stand Down (SSD) Illness Fatality terkait Rule No. 7 Corporate Life Saving Rule (CSLR) – Fit to Work diselanggarakan secara online (09/08).

Dalam kesempatan ini, turut menghadirkan dua narasumber Pertamina yaitu dr. Eko Wahyu Tjahjono, Corporate HSSE dan dr. Anton Ojong, Subholding Upstream HSSE, memberi pemahaman bagaimana selalu menjaga kesehatan saat bekerja.

Diawali pembukaan oleh Direktur Utama PIEP, John Anis, beliau menyatakan, “Safety Stand Down diharapkan dapat menjadi forum knowledge sharing dengan tujuan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan Perwira PIEP. Dengan meningkatnya illness fatality di lingkungan Subholding Upstream Pertamina, diharapkan semua Pekerja dan Perwira selalu waspada dalam bekerja dan selalu menjaga protokol kesehatan. Beberapa illness fatality yang terjadi, sebagian besar disebabkan oleh ‘Silent Killer’ kardiovaskular dan berdasarkan fakta-fakta, usia illness fatality semakin muda dan mayoritas yang telah wafat karena kurang menjaga kesehatan dan meniadakan kebiasaan gaya hidup buruk. Yang perlu diingat adalah semakin sehat kita, semakin kecil resiko terjadinya illness fatality.”

Sementara saat sharing session oleh dr. Eko Wahyu Tjahjono, beliau menyampaikan, “Illness fatality prevention dengan cara Health Screening & Monitoring, Pre hospital management dan Medical Facilities Coordination, perlu ditingkatkan dengan melakukan promosi kesehatan dan analisis kasus kematian akibat penyakit.”

Pada kesempatan yang sama dr. Anton Ojong, melengkapi sesi ini sekaligus menghimbau, mengenai “Surat Edaran No.E-003/PHE0000/2022-S0 Tentang upaya peningkatan pencegahan insiden illness Fatality di lingkungan Subholding Upstream dengan illness Fatality Prevention Program.”

”Yang harus kita lakukan untuk pencegahan adalah dengan Penguatan MCU, Surveillance Kesehatan (DCU, PTHA, pekerja dengan riwayat medis berisiko tinggi dan Komorbid). Kemudian dengan promosi meningkatkan kuantitas dan kualitas kampanye, meningkatkan pengetahuan Pekerja untuk First Aid,” ujar Indah Fitria Sari Tim HSSE PIEP.

“Ayo kita jaga kesehatan dan bergaya hidup sehat sebagai dukungan tindakan terjadinya resiko Illness Fatality!”

Other News