DIGITALISASI MENJADI SALAH SATU PENUNJANG KINERJA OPERASI PERTAMINA INTERNASIONAL EP

Pertamina Internasional EP (PIEP) merupakan salah satu dari anak perusahaan SubHolding Upstream (SHU) dan satu-satunya anak perusahaan hulu minyak dan gas yang memiliki persebaran wilayah operasi di luar negeri.

Tentunya, memilki aktifitas produksi dan operasi yang berlokasi di wilayah negeri membutuhkan kemudahan dalam pengambilan data untuk diolah. Pertamina Internasional EP telah memanfaatkan teknologi digital untuk mengelola data operasi produksi dan maintenance dari seluruh aset lapangan migas di luar negeri.

Data - data operasi produksi dan maintenance yang besar dan kompleks (big data) dikelola dalam database dan dashboard berbasis cloud (iPro dashboard), dengan berbagai macam fitur otomatis baik dalam proses input dan manajemen data. Teknologi artificial intelligence (AI) juga diaplikasikan dalam iPro dashboard untuk beberapa proses analisa otomatis yang digunakan untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan serta penyusunan strategi operasi produksi dan maintenance.

Penggunaan iPro ini telah digunakan oleh PIEP sejak 2019 dan hingga saat ini, bahkan di replikasi oleh SHU menjadi Upstream Integrated Operation Center (IOC) dan menjadi dashboard resmi SHU di PICC (Pertamina Integrated Command Center) yang berlokasi di Gedung Grha Pertamina. Direktur Utama PIEP, John Anis menegaskan,“Melalui iPro, PIEP mampu membuktikan Pertamina siap melakukan transformasi digital dalam menjalankan proses bisnisnya untuk menghadapi era industri 4.0”.

PIEP diamanatkan untuk terus menjaga ketahanan energi Nasional serta berkomitmen untuk mendukung visi Pertamina menjadi ‘Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia’. “Walaupun wilayah operasi kami berada di luar negeri, kami akan selalu memegang amanat dalam menjaga ketahanan energi Nasional”, ujar Khairul Saleh, Manager Relations PIEP.

Other News