MENUJU WORLD CLASS NATIONAL ENERGY COMPANY, PERWIRA PIEP UNJUK GIGI DALAM SONATRACH’S ASSET INTEGRITY DAY DI ALGERIA

Algeria – Pertamina Internasional EP (PIEP) melalui anak perusahaannya, Pertamina Algeria EP (PAEP) berpartisipasi dalam salah satu kegiatan bergengsi di tingkat hulu migas Internasional, Sonatrach’s Asset Integrity Day (29/11) di Oran, Algeria.

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk berbagi ‘best practices’ dalam pengelolaan asset integrity pada lapangan minyak dan gas di Algeria. Partisipannya pun berasal dari pemerintah setempat (Algerian Hydrocarbon Regulations Authorities) serta Sonatrach Partners seperti PERTAMINA Algeria E&P, TOTAL Energy, BP, OXY, EQUINOR, ENI, dll.

“Merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa bagi kami, Irwan Ndaru Premono selaku Perwira PIEP menjadi satu-satunya partisipan dari Indonesia yang berhasil masuk untuk pemaparan materi dari 13 materi terpilih, dengan topik berjudul: Implementation of well integrity system (WIMS) in MLN field”, terang Direktur Utama PIEP, John Anis.

Industrial Security Director Sonatrach, Meghouche Ali turut mengapresiasi seluruh pemateri yang telah hadir,”Kesuksesan acara ini diluar ekspektasi kami, seluruh pemateri benar-benar menjalin komunikasi yang baik serta sangat profesional”.

WIMS merupakan implementasi dari HSSE dimana sumur, dalam proses pengelolaannya, dinilai sebagai asset perusahaan yang sangat penting, sehingga integritasnya harus terjaga. Dalam pengelolaan sumur-sumur migas, unsafe condition / act di seluruh well life cycle harus diminimalisir, mulai dari fase desain, konstruksi, produksi, intervensi hingga saat sumur tersebut akan masuk ke fase ‘abandonment’. Kegiatan ini diterapkan sesuai dengan standar nasional maupun internasional yang berlaku.

Dalam pengelolaan WIMS Database, dibuat suatu aplikasi yang diberi nama ‘WIMAR’ (Well Integrity Management Pertamina Algeria) untuk mensupport day-to-day activities well integrity di PAEP.

Aplikasi ini mulai didevelop pada Bulan Maret tahun 2019 oleh tim Subsurface Operation & Data Analitic (SSDOA) di PIEP Jakarta: Akbar Yudha Putra, Mutia Y Ristanti, Tim IT developer Alwind Fattah, tim ICT PIEP Helmy dan MLN Well services: Herry Subekti, Ganesha Rinko D dan Irwan N Premono. Aplikasi ini mulai di gunakan secara resmi pada bulan februari 2020.

Khairul Saleh, Manager Relations PIEP dalam kesempatan terpisah menambahkan,”Kerja keras dari anak bangsa ini membuahkan hasil positif dan mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari para partisipan yang berasal dari berbagai negara”. PIEP selaku anak perusahaan SubHolding Upstream (SHU) memiliki komitmen untuk menjaga ketahanan energi Nasional melalui wilayah kerja operasi di luar negeri dengan hasil produksi minyak dan gas YTD 2021 sebesar 151.131 BOEPD.

Other News