PROMOSIKAN DIPLOMASI BUDAYA LINTAS BATAS, PERTAMINA INTERNASIONAL EP MENYERAHKAN ALAT MUSIK ANGKLUNG KE VENEZUELA

Caracas – PT Pertamina Internasional EP (PIEP)  mengirimkan 36 set Angklung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)  di Caracas, Venezuela.

Inisiatif ini menegaskan komitmen PIEP dalam mengedepankan pemahaman budaya dan persahabatan antar negara melalui seni musik tradisional.

Angklung, instrumen musik bambu dari Jawa Barat, memiliki arti penting di Indonesia.  Seringkali dimainkan secara ansambel, dan menghasilkan nada-nada merdu yang selaras dengan semangat budaya Indonesia.

Jaffee A. Suardin, Direktur Utama PIEP mengungkapkan antusiasme dan optimismenya, “Kami sangat senang dapat mempersembahkan alat musik angklung ini kepada Sekolah Republik Indonesia Caracas, KBRI Venezuela.  Musik adalah bahasa yang universal, dan kami percaya bahwa berbagi keindahan budaya Indonesia melalui angklung akan semakin mempererat tali silaturahmi kedua negara.”

Ia menambahkan, PIEP dengan Wilayah Kerja (WK) internasional juga berkomitmen untuk memperkenalkan seni budaya Indonesia ke seluruh pemangku kepentingan yang berada di luar Indonesia.  Sehingga tak hanya berkomitmen mencari potensi minyak dan gas ke luar negeri, namun PIEP dapat berkomitmen melalui inisiatif Creating Shared Values ke negara-negara lain, selaras dengan  semangat bring barrels home and bring values home.

Dihubungi secara terpisah, Duta Besar Indonesia untuk Venezuela,  Imam Edy Mulyono mengapresiasi bantuan alat music ini, “Pertukaran budaya memainkan peran penting dalam diplomasi.  Kami sangat mengapresiasi inisiatif PIEP yang mempersembahkan hadiah simbolis ini sebagai jembatan penghubung kedua negara,” jelasnya.

Duta Besar untuk Venezuela   menyerahkan alat musik ini ke Escuela Republica de Indonesia (Sekolah Republik Indonesia Caracas) yang juga memiliki siswa dan tenaga pengajar berkewarganegaraan Venezuela.

Pemberian angklung ini merupakan bagian dari upaya yang lebih luas dari PIEP untuk terlibat dalam inisiatif Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL/CSR) perusahaan dan mempromosikan diplomasi budaya lintas batas serta mendukung program yang berfokus pada kelompok inklusi yaitu perempuan, anak-anak dan penyandang disabilitas. Dengan memperkenalkan keindahan budaya Indonesia, PIEP berusaha untuk terus berkontribusi dalam memelihara hubungan bilateral yang telah berlangsung selama 61 tahun antara Indonesia dan Venezuela.

Other News