PIEP Perkuat Komitmen Ketahanan Energi Nasional Melalui Perjanjian Jual Beli Minyak Mentah dengan Kilang Pertamina Internasional

[Denpasar] – Menuju peningkatan ketahanan energi nasional dan memperkuat sinergi dalam sektor energi, PT Pertamina Internasional Eksplorasi Produksi (PIEP), melalui anak usahnya  PT Pertamina Algeria Eksplorasi Produksi (PAEP),  menandatangani Perjanjian Jual Beli Minyak Mentah (PJBM) dengan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI).

Kerjasama strategis ini mengukuhkan komitmen PAEP untuk berkontribusi pada keberlanjutan energi Indonesia dan menyelaraskan upaya sesuai dengan strategi Subhodling Upstream Pertamina.  Seremoni penandatanganan amandemen PJBM berlangsung di acara Customer Day, tanggal 9 November 2023, bertempat di Bali dan merupakan bukti hasil negosiasi intensif yang dimulai sejak tahun 2019.

Melalui proses panjang, dengan ketekunan serta diskusi kolaboratif, kedua belah pihak berhasil menyepakati dan menandatangani perjanjian yang menandai sebuah pencapaian penting dalam sektor energi.

Dari Subholding Upstream, hadir Direktur PSPB  Danar Dojohadhi, seluruh Direktur dari Regional 1 sampai dengan Regional 5, VP KPI serta para customer di lingkungan kerja  Subholding Upstream Pertamina.

Toriq Abdat, Direktur Utama PAEP yang hadir dalam seremoni ini menyampaikan, “Kegiatan ini menandai babak baru dalam komitmen kami untuk memperkuat keberlanjutan energi di Indonesia. Ini merupakan bukti dari dedikasi dan semangat kolaboratif baik dari PAEP maupun KPI, " ujarnya.

Dengan PJBM ini, nantinya seluruh minyak mentah dari aset PAEP akan diserap oleh KPI , sehingga menambah pasokan minyak mentah dalam negeri.  Amendemen PJBM menegaskan dedikasi bersama kedua perusahaan untuk lebih jauh mendukung tujuan keberlanjutan energi negara. Penandatanganan ini merupakan langkah penting menuju pencapaian tujuan energi bersama, membuka jalan bagi ekosistem energi yang lebih tangguh dan berkesinambungan.

Other News